Jumat, 21 Februari 2014

Tips Mudah Jalankan Aplikasi Android pada BlackBerry

Pembaruan sistem operasi BlackBerry terbaru, yakni versi 10.2.1, membawa banyak perubahan, perbaikan, dan fitur canggih. Salah satunya ialah fitur yang memungkinkan smartphone BlackBerry menjalankan aplikasi dengan ekstensi file .Apk atau biasa dikenal dengan format ekstensi aplikasi untuk sistem operasi Android.
android apk 495x750 Tips Mudah Jalankan Aplikasi Android pada BlackBerry tips blackberry aplikasi android
Tips Mudah Jalankan Aplikasi Android pada BlackBerry
Berikut kami hadirkan 2 cara berbeda yang bisa dilakukan untuk menggunakan aplikasi Android pada BlackBerry dengan OS 10.2.1. Sedikit catatan, langkah-langkah ini hanya berlaku bagi smartphone BlackBerry Z10, Z30, Q10, Q5, dan Porsche Design P’9982.
Cara 1: Ambil aplikasi langsung dari smartphone Android
Sebelum memulai, Anda membutuhkan sebuah smartphone dengan sistem operasi Android dan juga sebuah laptop atau PC.
1. Unduh aplikasi Apk Extractor dari Google Play. Aplikasi ini berfungsi untuk mengekstrak kembali aplikasi yang nantinya akan diunduh ke dalam smartphone Android.
2. Cari dan unduh aplikasi-aplikasi yang Anda inginkan langsung dari Google Play Store.
3. Jalankan aplikasi Apk Extractor dan pilih aplikasi yang akan dipindahkan. Aplikasi yang Anda pilih akan diekstrak ke dalam file dengan ekstensi .apk dan masuk ke folder Apk Extractor.
4. Buka aplikasi File Manager pada smartphone Android Anda dan cari folder Apk Extractor.
5. Pilih file aplikasi yang diinginkan dan kirim via Bluetooth atau email ke smartphone BlackBerry Anda.
6. Install, lalu selesai.
Note: Selain dikirim via Bluetooth atau email, Anda juga bisa memindahkan file aplikasi yang ada pada folder Apk Extractor Android ke dalam smartphone BlackBerry dengan bantuan komputer atau laptop.
Cara 2: Unduh dan pasang aplikasi Android langsung dari smartphone BlackBerry
Langkah kedua yang bisa ditempuh untuk menjalankan aplikasi Android pada BlackBerry adalah dengan langsung mengunduh aplikasi tersebut melalui smartphone BlackBerry Anda.
blackberry10 apkinstall 750x444 Tips Mudah Jalankan Aplikasi Android pada BlackBerry tips blackberry aplikasi android Tips Mudah Jalankan Aplikasi Android pada BlackBerry
1. Buka aplikasi browser pada BlackBerry Anda.
2. Untuk mencari aplikasi yang diinginkan, Anda dapat langsung menuju ke laman penyedia aplikasi Android seperti apktrain. Sebagai alternatif dari apktrain, Anda juga bisa menemukan aplikasi Android pada laman 1mobile.
3. Setelah menemukan aplikasi yang sesuai keinginan, unduh langsung aplikasi tersebut.
4. Install, dan selesai.
Note: Untuk instalasi pertama setelah berhasil mengunduh file .Apk, Anda akan mendapat pop-up yang mengharuskan pengguna untuk mematikan salah satu pengaturan keamanan agar aplikasi tersebut bisa dipasangkan.
Dua cara yang dijabarkan di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Cara pertama unggul pada sisi jumlah aplikasi yang bisa diunduh, karena aplikasi yang akan dipasang pada BlackBerry Anda berasal langsung dari Google Play. Tapi langkah yang dibutuhkan cara ini sedikit lebih panjang dibandingkan cara kedua.
Cara kedua unggul dari sisi kemudahan dalam mencari dan memasang aplikasi karena Anda tidak membutuhkan smartphone Android dan Google Play sebagai sumber aplikasi. Tapi jumlah aplikasi yang bisa Anda coba dan pasang pada BlackBerry tidak akan sebanyak aplikasi yang dijelaskan pada cara pertama.
Perlu Anda ingat, walaupun kini BlackBerry dapat menjalankan aplikasi-aplikasi Android, bukan berarti semua aplikasi yang diinginkan dapat berjalan sempurna tanpa kendala. Untuk mengetahui sejauh mana atau aplikasi apa saja yang dapat dijalankan, Anda harus mencobanya satu persatu.


Selamat mencoba.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More