Senin, 14 April 2014

BSD dan Dapodik Helper

Sampai saat ini yang ramai dijadikan topik pembicaraan oleh banyak operator dapodik sekolah adalah P2TK telah memberikan langkah yang sangat tepat dan sigap dalam menyikapi masalah sinkronisasi dapodik. Hal ini tidak terlepas dari hadirnya aplikasi kecil dengan nama Backup Sinkron Dikdas atau yang akrab disebut BSD. Bahkan BSD seperti menjadi jargon sendiri karena dapat dijadikan singkatan macam-macam seperti Bikin Sinkron Damai, Bikin Semua Damai, Bikin Santai Dapodik dan masih banyak lagi.

Terlepas dari itu semua yang selama ini diketahui oleh hampir seluruh operator sekolah adalah BSD merupakan produk P2TK Dikdas yang dibuat dalam rangka darurat membantu sistem sinkronisasi yang belum stabil. Dan hal itu memang diakui oleh hampir semua pengguna, karena BSD hanya butuh beberapa detik untuk melakukan backup data dari aplikasi dapodik dan butuh waktu sekitar 3 menit untuk melakukan restore ke server P2TK. Tentu saja berbeda jauh dengan fasilitas yang disediakan oleh aplikasi dapodik melalui jalur sinkronisasi yang berpuluh-puluh menit bahkan ada yang sampai seharian melakukan sinkron namun tak kunjung terkirim datanya.


Tampilan Dapodik Helper dan BSD
Hingga saat ini mungkin hanya beberapa orang yang tahu tentang apa itu sebenarnya dibelakang aplikasi BSD. Aplikasi BSD yang sudah membantu seratus ribu operator sekolah lebih mengirimkan data ke server kementerian sebenarnya adalah Dapodik Helper yang diganti kulit depan dan disembunyikan menu utama nya.

Pembaca boleh untuk tidak percaya hal ini, tapi fakta selanjutnya pada gambar berikut ini mungkin akan menambah sedikit keyakinan tersebut.
File pendukung Dapodik Helper dan BSD
Pembaca juga boleh berpendapat kalau gambar diatas dianggap hanya kebetulan semata, dan satu lagi gambar berikut ini yang bisa menambah lagi pembuktiannya.
Identitas Programmer
Sebenarnya masih ada yang lainnya yang bisa dibandingkan namun dirasa dengan tiga identitas ini saja sudah lebih dari cukup. Salam SATU DATA, dari OPERATOR, oleh OPERATOR untuk PENDIDIKAN INDONESIA.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More