Selasa, 26 Agustus 2014

Problem Gagal Menjalankan Aplikasi Pada Windows 64bit

Banyak laporan dari pengguna dengan sistem operasi Windows 64bit terutama Windows 8 yang mengalami kegagalan saat membuka aplikasi Dapodik Helper. Hal ini terjadi karena direktori aplikasi Dapodik gagal ditemukan akibat dari pengaturan pada Dapodik Helper yang mengarah ke direktori yang salah.

Pada aplikasi versi 2.5 saat pertama kali menjalankan Dapodik Helper atau setelah melakukan install ulang aplikasi Dapodik akan tampil seperti gambar berikut.

Notifikasi Pengaturan
Maksud dari tampilan diatas adalah pengaturan terhadap aplikasi Dapodik yang mengalami perubahan atau belum terbaca sama sekali (apabila pertama kali melakukan instalasi Dapodik Helper).

Indikasi aplikasi bermasalah setelah Anda memilih tombol OK pada tampilan diatas akan tampil seperti berikut.

Pengaturan Dapodik Helper
Pada tampilan tersebut proses hanya sampai pada 'Baca pengaturan sumber' kemudian langsung 'selesai'. Dengan kata lain tidak ada proses pembuatan pengaturan sama sekali pada tampilan tersebut.

Untuk penyelesaiannya adalah dengan membuka direktori tempat terpasangnya Dapodik Helper (misal : C:\\Program Files (x86)\Dapodik Helper. Seperti terlihat pada gambar berikut ini terdapat beberapa file yang tersimpan didalam direktori tersebut. Pilih file 'config.ini' kemudian hapus atau pindahkan dari direktori tempat instalasi Dapodik Helper tersebut.

Direktori Dapodik Helper
Selanjutnya jalankan aplikasi Dapodik Helper sebagai Administrator dengan cara klik kanan kemudian pilih Run as Administrator pada shortcut aplikasi atau file DAgent.exe seperti yang tampil pada gambar diatas.

Apabila file config.ini tidak ditemukan pada direktori tersebut selanjutnya akan tampil seperti berikut. Maksud dari tampilan ini adalah mencari direktori tempat terpasangnya aplikasi Dapodik, baik itu aplikasi Dapodikdas ataupun Dapodikmen.

Wizard Config
Selanjutnya klik tombol 'Pilih' dan pilih direktori tempat terpasangnya aplikasi dapodik, misalnya pada direktori 'C:\\Program Files (x86)\Dapodikdas' untuk aplikasi Dapodikdas atau 'C:\\Program Files (x86)\Dapodikmen' untuk aplikasi Dapodikmen. Tunggu hingga ada notifikasi seperti berikut.

Reset Config
Sampai disini proses pengaturan yang gagal secara otomatis pada saat instalasi sudah selesai dilakukan, selanjutnya jalankan aplikasi Dapodik Helper untuk proses pertama kalinya adalah melakukan pengaturan Dapodik Helper baru kemudian untuk tahap keduanya bisa menjalankan secara langsung.

Ada sebagaian komputer yang memerlukan restart terlebih dahulu setelah proses pemilihan direktori terpasangnya Dapodik sebelum menjalankan Dapodik Helper untuk pertama kali setelah reset 'config.ini' tersebut, namun ada juga yang bisa langsung tanpa perlu restart.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More